CARILAH GURU YANG MEMBAWA DIRI KEPADA HADIRAT ALLAH SWT.
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
☘️Oleh : Gus Nadirsyah Hosen
Semua guru agamamu mengajar yang Allah itu ada (wujud) akan tetapi carilah guru yang dapat memimpin kita kehadrat-Nya. “Lawlaa murobbi maa 'araftu robbi” (Tanpa Guruku, aku takkan mengenal Tuhanku).
Syeikh Abul Hasan Asy-Syadzili mengatakan lagi: “Siapa yang menunjukkan dirimu kepada dunia, maka ia akan menghancurkan dirimu. Siapa yang menunjukkan dirimu pada amal, ia akan memayahkan dirimu. Dan barangsiapa menunjukkan dirimu kepada Allah Swt. maka, ia pasti menjadi penasihatmu”.
Firman Allah dalam Hadis Qudsi: “Jadikanlah dirimu berserta Allah, jika engkau belum berserta Allah maka jadikanlah dirimu berserta dengan orang yang telah berserta Allah niscaya dialah yang akan membawamu kehadrat Allah.”
*Syeikh Abul Hasan Asy-Syadzili.*
*اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ*
........................................
السلام عليكم ورحمة الله وبركاته.
*KEMANA GIMANA*
ahli ilmi ahli fiqh
ahli toreqoh ahli ibadah
ahli wirid ahli mujahaddah
Keutamaan Ahli Fiqh dari Ahli Ibadah
Membanjir kelompok zikir, dan banyak yang minta diberikan doa dan wirid, serta kesalehan seseorang diukur dari rajin ibadahnya. Kajian fiqh menjadi seolah terpinggirkan. Umat lebih mengenal ahli ibadah ketimbang ahli fiqh. Di saat seperti ini, saya membaca kitab al-Faqih wal Mutafaqqih karya Imam al-Khatib al-Baghdadi, seorang sejarawan klasik yang ahli hadits dan ahli fiqh sekaligus. Beliau menuliskan riwayat tentang keutamaan ahli fiqh. Saya terpesona membacanya.
Imam al-Khatib al-Baghdadi memulai kitabnya dengan menulis riwayat dari Nabi Muhammad Saw: “Barang siapa yang dikehendaki Allah mendapatkan kebaikan, Allah akan faqihkan ia dalam masalah agama.”
أنا أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عُمَرَ الْمُقْرِئُ , أنا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْآجُرِّيُّ بِمَكَّةَ , أنا أَبُو مُسْلِمٍ إِبْرَاهِيمُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ الْكَشِّيُّ , نا سُلَيْمَانُ بْنُ دَاوُدَ الشَّاذَكُونِيُّ , وَأَنَا أَبُو الْفَرَجِ مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ شَهْرَيَارَ الْأَصْبَهَانِيُّ بِهَا , أنا أَبُو الْقَاسِمِ سُلَيْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَيُّوبَ الطَّبَرَانِيُّ , نا مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ بْنِ أَبَانَ السَّرَّاجُ الْبَغْدَادِيُّ , نا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ الْقَوَارِيرِيُّ , قَالَا: نا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ زِيَادٍ , نا مَعْمَرٌ , - وَقَالَ الْأَصْبَهَانِيُّ: عَنْ مَعْمَرٍ , - عَنِ الزُّهْرِيِّ , عَنْ سَعِيدِ بْنِ الْمُسَيِّبِ , عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ , قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ يُرِدِ اللَّهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِي الدِّينَ»
Kata dasar fiqh artinya faham. Jadi ada yang menerjemahkan riwayat di atas dengan makna faham agama, namun bagi ahli fiqh, diksi yufaqqihhu merujuk pada ahli fiqh.
Al-Khatib kemudian menulis sejumlah bab yang menjelaskan keutamaan ahli fiqh.
فَضْلُ مَجَالِسِ الْفِقْهِ عَلَى مَجَالِسِ الذِّكْرِ
Keutamaan Majelis Fiqh dari Majelis Zikir
أَخْبَرَنَاهُ أَبُو نُعَيْمٍ الْحَافِظُ , نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ فَارِسٍ , نا يُونُسُ بْنُ حَبِيبٍ , نا أَبُو دَاوُدَ , نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الْمُبَارَكِ , [ص: ٨٩] عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ زِيَادٍ , عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ رَافِعٍ , عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو , قَالَ: دَخَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمَسْجِدَ , وَقَوْمٌ يَذْكُرُونَ اللَّهَ , وَقَوْمٌ يَتَذَاكَرُونَ الْفِقْهَ , فَقَالَ النَّبِيُّ , صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «كِلَا الْمَجْلِسَيْنِ عَلَى خَيْرٍ , أَمَّا الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ , وَيَسْأَلُونَ رَبَّهُمْ , فَإِنْ شَاءَ أَعْطَاهُمْ , وَإِنْ شَاءَ مَنَعَهُمْ , وَهَؤُلَاءِ يُعَلِّمُونَ النَّاسَ وَيَتَعَلَّمُونَ , وَإِنَّمَا بُعِثْتُ مُعَلِّمًا , وَهَذَا أَفْضَلُ» فَقَعَدَ مَعَهُمْ
Nabi bersabda: Setiap majelis itu baik. Adapun majelis yang didalamnya mengingat Allah, memohon padaNya —jika Allah mau diberi atau ditolak doa mereka. Dan ada juga majelis yang mengajar orang-orang dan mengamalkannya, sungguh Aku utus dikalangan mereka seorang mu’allim, dan majelis yang ini lebih utama.”
فَضْلُ التَّفَقُّهِ عَلَى كَثِيرٍ مِنَ الْعِبَادَاتِ
Keutamaan yang belajar fiqh dari kebanyakan beribadah
أنا أَبُو الْقَاسِمِ عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ عَلِيِّ بْنِ أَحْمَدَ الْوَرَّاقُ الْأَزَجِيُّ , نا عَلِيُّ بْنُ عَمْرٍو الْحَرِيرِيُّ , نا عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ التِّنِّيسِيُّ , نا إِسْمَاعِيلُ بْنُ حَمْدَوَيْهِ الْبِيكَنْدِيُّ , نا إِسْحَاقُ بْنُ رَاهَوَيْهِ , قَالَ: نا بَقِيَّةُ بْنُ الْوَلِيدِ , عَنْ عَبْدِ الْحَمِيدِ , عَنْ أَبِي صَالِحٍ , عَنِ الضَّحَّاكِ بْنِ مُزَاحِمٍ , عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ , قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ خَرَجَ يَطْلُبُ بَابًا مِنَ الْعِلْمِ , لِيَرُدَّ بِهِ ضَالًّا إِلَى هُدًى , أَوْ بَاطِلًا إِلَى حَقٍّ , كَانَ كَعِبَادَةِ مُتَعَبِّدٍ أَرْبَعِينَ عَامًا» رَوَاهُ غَيْرُهُ عَنْ بَقِيَّةَ عَنِ السَّرِيِّ بْنِ عَبْدِ الْحَمِيدِ عَنْ أَبِي صَالِحٍ
Nabi bersabda: “Siapa yang keluar rumah untuk menuntut satu bab dari ilmu, untuk mengembalikannya dari kesesatan menuju petunjuk, atau dari kebatilan menuju kebenaran, dia seperti beribadah selama 40 tahun.”
أنا أَبُو مُحَمَّدٍ الْجَوْهَرِيُّ , وَأَبُو الْقَاسِمِ التَّنُوخِيُّ , قَالَا: أنا الْقَاضِي أَبُو الْحَسَنِ عَلِيُّ بْنُ الْحَسَنِ بْنِ عَلِيٍّ الْجِرَاحِيُّ , نا مُحَمَّدُ بْنُ مُوسَى بْنِ سَهْلٍ الْبَرْبَهَارِيُّ , نا إِبْرَاهِيمُ بْنُ سُوَيْدٍ الْجُذُوعِيُّ , بِالْبَصْرَةَ سَنَةَ ثَلَاثٍ وَخَمْسِينَ وَمِائَتَيْنِ , نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أُذَيْنَةَ , نا عَبْدُ الْوَهَّابِ بْنُ مُجَاهِدٍ , عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ , عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لَا خَيْرَ فِي قِرَاءَةٍ إِلَّا بِتَدَبُّرٍ , وَلَا عِبَادَةٍ إِلَّا بِفِقْهٍ , وَمَجْلِسُ فِقْهٍ خَيْرٌ مِنْ عِبَادَةِ سِتِّينَ سَنَةً»
Nabi bersabda: “Tidak ada kebaikan dalam membaca (al-Qur’an) kecuali dengan mentadaburinya, dan tidak ada ibadah tanpa mengetahui aturan fiqhnya, dan majelis fiqh itu lebih baik dari beribadah selama 60 tahun.”
تَفْضِيلُ الْفُقَهَاءِ عَلَى الْعُبَّادِ
Keutamaan para ahli fiqh dari para ahli ibadah
أَخْبَرَنَا عَلِيُّ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عُمَرَ الْمُقْرِئُ , أنا مُحَمَّدُ بْنُ الْحُسَيْنِ الْآجُرِيُّ , نا أَبُو الْعَبَّاسِ أَحْمَدُ بْنُ مُوسَى بْنِ زَنْجُوَيْهِ الْقَطَّانُ , نا هِشَامُ بْنُ عَمَّارٍ الدِّمَشْقِيُّ , نا حَفْصُ بْنُ عُمَرَ , عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَطَاءٍ , عَنْ أَبِيهِ , عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ , قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: «فَضْلُ الْعَالِمِ عَلَى الْعَابِدِ كَفَضْلِ الْقَمَرِ لَيْلَةَ الْبَدْرِ عَلَى سَائِرِ الْكَوَاكِبِ , وَإِنَّ الْعُلَمَاءَ لَهُمْ وَرَثَةُ الْأَنْبِيَاءِ , إِنَّ الْأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِينَارًا وَلَا دِرْهَمًا , وَلَكِنَّهُمْ وَرَّثُوا الْعِلْمَ , فَمَنْ أَخَذَ» - يَعْنِي: بِهِ - «أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ»
Nabi bersabda: “Keutamaan seorang alim dibanding seorang abid itu seperti keutamaan bulan purnama dari seluruh bintang. Ulama itu pewaris Nabi. Nabi itu tidak mewariskan dinar dan dirham, sesungguhnya mereka hanyalah mewariskan ilmu, maka barangsiapa yang telah mengambil ilmunya, maka ia telah mengambil bagian yang banyak.” menggunjing Dan merendehkan ahli ilmu fiqih tasawuf maka sulit terkabul doa dzikirnya dari tumpukkan hajjad. Mencintai melindungi mencium tangan ahli ilmu fiqih tasawuf bahkan memberikannya hadiah dengan silaturrokhim seratus juta setan iblis menangis ,seratus juta setan iblis terbakar, Dan di bukakan pintu ijabah doa dengan sanad tawasulnya.
أنا أَبُو الطَّاهِرِ عَبْدُ الْغَفَّارِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ الْمُؤَدِّبُ , أنا عُمَرُ بْنُ أَحْمَدَ الْوَاعِظُ , نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ سَعِيدٍ الطَّالْقَانِيُّ , نا [ص: ١٠٦] عَمَّارُ بْنُ عَبْدِ الْمَجِيدِ , نا مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ الرَّازِيُّ , عَنْ أَبِي الْعَبَّاسِ جَعْفَرِ بْنِ هَارُونَ الْوَاسِطِيِّ , عَنْ سَمْعَانَ بْنِ الْمَهْدِيِّ , عَنْ أَنَسٍ , قَالَ: جَاءَ رَجُلٌ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , فَسَأَلَهُ عَنِ الْعُبَّادِ وَالْفُقَهَاءِ , فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللَّهِ: الْعُبَّادُ أَفْضَلُ عِنْدَ اللَّهِ أَمِ الْفُقَهَاءُ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «فَقِيهٌ أَفْضَلُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ أَلْفِ عَابِدٍ»
Ada seorang yang bertanya kepada Nabi tentang ahli ibadah dan ahli fiqh: mana yang lebih utama? Nabi menjawab: “Seorang ahli fiqh itu lebih utama di sisi Allah dari SERIBU AHLI IBADAH.”
doa seorang ahli fiqih tasawuf yg istiqomah dzikir sama dengan seribu orang ahli ibadah
Doa seorang ahli fiqih tasawuf yg riadhoh istiqomah dzikir sama dengan doanya 100 juta orang bodoh Yang beribadah
ذِكْرُ الرِّوَايَةِ أَنَّهُ يُقَالُ لِلْعَابِدِ: ادْخُلِ الْجَنَّةَ وَيُقَالُ لِلْفَقِيهِ: اشْفَعْ
Penyebutan riwayat dimana ahli ibadah masuk surga sendirian, sementara ahli fiqh bisa memberi syafaat kepada yang lain
Demikian fatwa dan penjelasan salam berfikir rasional transparansi. Salam suwok asmak benteng NKRI mari bersama ngaji bedah kitab fiqih bermadzab kepada guru yang tidak mudah terdeteksi di lingkungannya karna beliau hanya seperti manusia umum yang mengalah dan enggan mencacat beliau sangat istimewa bila membaur pada teman atau karib bila di beri makanan hidangan yang tidak halal langsung mual mutah mutah beliau selalu menjauh bila ada orang menggunjing atau ghibbah beliau pandai ngaji ahli ilmu khikmah dan bela diri namun tidak di ketahui secara umum. Beliau adalah gus muh khasan basyri ؛ sayid hasan aljazuly basayban turusan jemawan klaten juga banyak bukti punya keistimewaan mata batin mampu melihat kebohongan kebenaran atau siasat licik seseorang. Beliau mengalami tertabrak kountener terpelanting 7 meter namun hanya giginya yang putus tapi tidak berdarah sama sekali.. Alloh subkhanahu wata"ala memberikan kelebihan kekuatan kecerdasan seseorang namun juga menutupi dari sudut ketenaran dan agar tidak termanfaatkan dilingkungan..
أنا عَبْدُ الْغَفَّارِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ جَعْفَرٍ , أنا عُمَرُ بْنُ أَحْمَدَ الْوَاعِظُ , نا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ بْنِ سَعِيدٍ الطَّالْقَانِيُّ , نا عَمَّارُ بْنُ عَبْدِ الْمَجِيدِ , نا مُحَمَّدُ بْنُ مُقَاتِلٍ الرَّازِيُّ , عَنْ أَبِي الْعَبَّاسِ جَعْفَرِ بْنِ هَارُونَ الْوَاسِطِيِّ , عَنْ سَمْعَانَ بْنِ الْمَهْدِيِّ , عَنْ أَنَسٍ , قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: " إِذَا كَانَ يَوْمُ الْقِيَامَةِ يَقُولُ اللَّهُ تَعَالَى لِلْعَابِدِ: ادْخُلِ الْجَنَّةَ , فَإِنَّمَا كَانَتْ مَنْفَعَتُكَ لِنَفْسِكَ , وَيُقَالُ لِلْعَالِمِ: اشْفَعْ تُشَفَّعْ , فَإِنَّمَا كَانَتْ مَنْفَعَتُكَ لِلنَّاسِ "
Nabi bersabda: “Di hari kiamat kelak, Allah berfirman kepada ahli ibadah: masuklah ke dalam surga, karena ibadahmu bermanfaat untuk dirimu sendiri. Namun kepada seorang alim dikatakan: “beri syafaat kepada yang lain, karena selama ini engkau telah memberi manfaat kepada orang-orang.”
مَا جَاءَ فِي الْمُذَاكَرَةِ بِالْفِقْهِ لَيْلًا
Apa yang ada dalam muzakarah tentang fiqh di malam hari
أنا أَبُو الْحَسَنِ: مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ مُحَمَّدِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ رِزْقَوَيْهِ , أَنَا عُثْمَانُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الدَّقَّاقُ , نا حَنْبَلُ بْنُ إِسْحَاقَ , نا مُحَمَّدُ بْنُ الْأَصْبَهَانِيِّ , وأنا أَبُو طَالِبٍ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيِّ بْنِ الْفَتْحِ , أنا عُمَرُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْمُقْرِئُ , أنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ , نا أَبُو خَيْثَمَةَ , [ص: ٢٦٨] قَالَا: نا عَبْدُ السَّلَامِ بْنُ حَرْبٍ , عَنْ لَيْثٍ , عَنْ مُجَاهِدٍ , قَالَ: «لَا بَأْسَ بِالسَّمَرِ فِي الْفِقْهِ»
Mujahid berkata: “Tidak mengapa bergadang untuk membahas masalah fiqh.”
أنا أَبُو الْحَسَنِ بْنُ رِزْقَوَيْهِ , أنا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَلِيٍّ الْخُطَبِيُّ , وَأَبُو عَلِيٍّ مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ الْحَسَنِ الصَّوَّافُ , وَأَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ حَمْدَانَ بْنِ مَالِكٍ الْقَطِيعِيُّ وأنا الْحَسَنُ بْنُ أَبِي بَكْرٍ , قَالَ: أنا جَعْفَرُ بْنُ مُحَمَّدِ بْنِ أَحْمَدَ بْنِ الْحَكَمِ الْوَاسِطِيُّ , وأنا أَبُو بَكْرٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْفَرَجِ بْنِ عَلِيٍّ الْبَزَّازُ , أنا أَحْمَدُ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ حَمْدَانَ , قَالُوا: أنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ , قَالَ: حَدَّثَنِي أَبِي , وأنا ابْنُ الْمُفَضَّلِ الْقَطَّانُ , أنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ جَعْفَرِ بْنِ دَرَسْتُوَيْهِ , نا يَعْقُوبُ بْنُ سُفْيَانَ , نا الْفَضْلُ بْنُ زِيَادٍ , نا أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ , نا مُحَمَّدُ بْنُ فُضَيْلٍ , عَنْ أَبِيهِ , قَالَ: «كَانَ ابْنُ شُبْرُمَةَ وَالْمُغِيرَةُ وَالْحَارِثُ الْعُكْلِيُّ وَالْقَعْقَاعُ بْنُ يَزِيدَ وَغَيْرُهُمْ يَسْمُرُونَ فِي الْفِقْهِ , فَرُبَّمَا لَمْ يَقُومُوا حَتَّى يَسْمَعُوا النِّدَاءَ بِالْفَجْرِ» وَقَالَ ابْنُ الْفَضْلِ: فَرُبَّمَا لَمْ يَقُومُوا إِلَى النِّدَاءِ بِالْفَجْرِ
Fudhail berkata: Ibnu Syubrumah, Mughirah, al-Harits al-Ukliy, al-Qa’qa’ bin Yazid dan ulama lainnya bergadang membahas masalah fiqh. Terkadang mereka tidak beranjak hingga terdengar azan subuh.”
Pembelaan Imam al-Khatib al-Baghdadi terhadap ahli fiqh ini luar biasa. Ahli fiqh ini biasanya tidak populer karena bukan da’i atau selebritis yang jamaah atau followernya banyak. Mereka menyibukkan diri membahas berjilid-jilid kitab ketimbang tampil di publik. Kita membutuhkan ilmu mereka. Sayang kita lebih mengidolakan mereka yang sering tampil di medsos, tv atau majelis zikir ketimbang serius belajar pada para ulama fiqh.
“Tapi Gus, bagaimana status riwayat-riwayat di atas? Shahih-kah?”
“Maaf, mas bro....sejenak saya hendak menikmati keilmuan ahli fiqh ketimbang kajian ahli hadits. Biarlah riwayat di atas memotivasi diri pribadi saya untuk bisa menjadi ahli fiqh, yang juga ahli ibadah.” Amin Ya Allah
فضل مجاليس الفقه على مجالس الذكر..
Keutamaan majlis fiqh dari majlis dzikir..
Kesimpulan lanjuttan :
Ribuan jamaah ribuan dzikir ribuan santri ribuan jamaah mujahaddah ribuan anak buah dalam lautan istiqhossah adalah sistim menata karakter aklak dalam kehidupan menata tertancabnya taukhid pahala keslamatan sampai terdapatnya ijabah doa juga di trimanya amal Dan bila Alloh swt meridhoi adalah keuntungan pribadi masing masing dari adanya majlis dzikir tersebut keberkahan kaifiyyahnya hanya pribadi seseorang dari masing masing orang namun masih di tuntut untuk iklas dan tenggang rasa.
Kesimpulan : banjirnya jamaah dzikir kemanfaatan untuk pribadi masing masing
Satu orang ahli fiqh agama yang mampu mengurai makalah dan memberi ilmu
Adalah lebih utama dari ribuan ahli dzikir.
Fagh ilmi di karnakan menyelamatkan banyak orang. Walaupun faqh ilmi tidak punya santri tidak punya jamaah tidak punya anak buah anak buah
namun satu ahli fiqh bila memberi artikel yang manfaat dan memberi vidio ngaji yang bermanfaat sehingga di simak di pakai diresapi banyak orang kemudian penyampaian ahli fiqh di pakai untuk bahasan kebenaran makalah makalah sebagai sumber.. Maka ahli fiqh sudah memberikan ilmu pengalaman banyak orang juga menyelamatkan banyak orang
maka Alloh swt mencatat ahli fiqh satu kali menyampaikan vidio kaiddah manfaat artikel manfaat tercatat ibadah 60 tahun dan tercatat dzikir sekali sama saja pahalanya dengan 1000 jamaah dzikir sekaligus ustadznya.
Satu ahli fiqh lebih utama dari seribu ahli dzikir istiqhossah
Satu penyampaian ahli fiqh sama dengan ibadah 60 tahun
Satu ahli fiqh ilmi dalam penyampaian manfaat berkah sama pahalanya dengan satu juta pasukkan jamaah dzikir..
Bayangkan paling paling jamaah dzikir rotinan umpamanya mujahaddah berkisar antara 10 sampai 100 anggota atau bila sholawtan mujjahaddah istiqhossah paling pol 500 orang. Itu saja masih di kalikan 60 tahun baru bisa menyamai satu orang satu ahli fiqh satu bahasan makalah ilmi..
Satu ahli fiqih satu kali ahli ilmi yang jelas sanad dan biografi nasafnya perbandingannya 60 jamaah dzikir di kalikan 60 tahun.
Bila kalkulasi jamah dzikir dalam aksi sekali rotinan seumpamanya menghabiskan biaya 500 ribu.. .....
Lantas bagaimana
Bagaimana ukuran ahli ahli ilmi fiqh yang sudi hadir dan silaturrokhim pada anda yang langsung memberi fatwa manfaat juga amalan juga doa doa pada anda...
Bagaimana anda menghargai menghormatinya.. Ingat sekali anda menyukai ahli fiqh atau yang kau anggap ahli ilmi anda tercatat ibadah tanpa harus mengumpulkan banyak orang bermunajad dan berdzikir
Para ahli ilmi yang mengusai ilmu agama faham kitab faham ilmu hikmah dan faham kebatinan ma"rifat juga mengusai kanuragan kebanyakan menyembunyikan dan maaf kadang seperti orang ediot atau setress dan di jauhi lingkungan waris dan tetangga terdekat. Namun bila sekali di tanya karna kehati hatiannya beliau ahli fiqh lebih suka menunjukkan kitab kuningnya dalam memberi kan uraian penjabaran namun orang ahli ilmu ahli kitab lebih banyak di remehkan di lingkungan setempat dari mereka yang tidak memahami. Dan mayoritas ahli fiqih tasawuf dunianya tidak menonjol hidup seadanya Dan senang silaturrokhim bergurau bercanda menghargai orang walaupun faham ada Yang merendahkan.
BERKAH BELAJAR ATAU DUDUK DI SAMPING ORANG ALIM MENDAPAT TUJUH KEMULIAAN
Dikutip Dari Kitab Bughyatul Mustarsyidin pada Bab Fadlilatul 'Ilmi Ta'alluman Wa Ta'Liiman,
Berkata Abu allaits : Barangsiapa duduk untuk belajar- di samping orang ‘alim dan ia tidak mampu menghafal secuil pun dari ‘ilmu maka ia memperoleh tujuh kemuliaan :
1. Keutamaan orang² yg belajar ‘ilmu.
2. Setidaknya –pada saat itu- ia terhindar
Dari dosa.
3. Turunnya racmat Alloh atas ia tatkala
Keluar dari rumahnya.
4. Ketika racmat turun atas para jama’ah
Pengajian maka ia pun ada bagiannya.
5. Dituliskan untuknya pahala ta’at
Selama ia mendengarkan.
6. Tatkala hati terasa sumpek alias pusing
Binti galau karena sulit memahami ‘ilmu
Maka kegalauannya itu menjadi suatu
Wasilah atau perantaraan ke hadirat Allah
Karena firman-NYA (dlm hadits Qudsi) :
AKU ada disamping orang2 yg tercabik
Cabik hatinya., maksudnya Alloh sebagai
Penambal atau penolong mereka.
Maka dibalikkan hatinya dari kefasiqkan
Dan menjadi condong wataknya pada ‘ilmu.
7. Tau Mulyanya Orang Alim, dan hinanya
Orang fasiq, menjadikan Hati Nolak
Perbuatan Fasiq dan Condong kepada ilmu.
Subhanallah.
SEMOGA BAROKAH MANFAAT AMIIN... "
آميــــــــــــــن يـــــــــــــارب العالميــــــــــــــــــن
اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِ، الْفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالْخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ، نَاصِرِ الْحَقِّ بِالْحَقِّ، وَالْهَادِي إِلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ .
Shodaqta.
*_واللــــــــه اعلـــــــــم بالصواب_*
" Wallahul muwafiq ila aqwamith thoriq
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh ..."
🕌🇮🇩💚🇮🇩🕌
*♻️NAHDLATUL 'ULAMA♻️*
*۞أَللّٰهُمَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠٰﻰ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِهٖ فِيْ كُلِّ وَقْتٍ ﻭَﺃَﻭَﺍﻥٍ، ﻭَﺃَﻧِﻠْﻨَﺎ ﺑِﺒَﺮَﻛَﺘِﻪٖ ﻏَﺎﻳَﺔَ ﺍﻟْﻤُﻨٰﻰ ﻭَﺍﻟﺴُّﻠْﻮَﺍﻥِ*
━━━❖•ஜ°🕌﷽🕌°ஜ•❖━━━
Kiriman Buroq - Nahdlatul Ulama 3
Posting Komentar